Komputasi Awan (Cloud Computing)

Tentang Komputasi Awan (Cloud Computing)

Cloud Computing merupakan bidang baru pada bidang IT, pada World Skills Competition.Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Penerapan komputasi awan sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka. Sebut saja di antaranya adalah Google (Google Drive) dan IBM (Blue Cord Initiative). Sedangkan di Indonesia, salah satu perusahaan yang sudah menerapkan komputasi awan adalah Telkom.

Keahlian ini melibatkan perancangan dan implementasi Infrastruktur Teknologi dalam lingkungan public cloud environment dan fitur beragam dari berbagai peran seperti systems engineers, database administrators, network engineer, storage administrators, system / network / solutions / enterprise architecs, programmers / pengembang, dan peran teknologi yang serupa.

Tanggung jawab pada bidang cloud computing ini mencakup memberikan masukan desain, berkolaborasi dengan layanan pelanggan dan analisis proyek, serta menganalisis kelemahan dan merekomendasikan perbaikan sistem.

Spesialis cloud computing ini memerlukan latar belakang yang bekerja dengan bidang Jaringan Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak. Selain keterampilan yang bagus,peserta harus mampu kolaborasi yang sangat baik, serta dapat melakukan analisis secara efektif.

LKS Nasional Cloud Computing sebagai salah satu lomba yang mengukur kemampuan anak SMK, berusaha untuk mengikuti beberapa perkembangan teknologi kedalam soal atau test project. Pada LKS Nasional tahun 2020 alat lomba peserta akan menggunakan layanan dari AWS Educate.

Cloud Computing mengacu pada World Skills Competition dimana menggunakan platform dari Amazon Web Service (AWS). 

Komputasi Awan (Cloud Computing)