Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology)

Tentang Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology)

Graphic Design Technology terdiri dari banyak keterampilan dan disiplin ilmu yang berbeda dalam produksi dan output desain grafis. Keragaman keterampilan yang dibutuhkan dalam industri ini sangat luas, umumnya orang-orang yang bekerja di bidang ini menjadi spesialis dalam aspek tertentu. Dalam proses bekerja secara tim, setiap anggota dapat memiliki kekuatan, spesialisasi dan peran masing-masing. 

Graphic Design Technology adalah pekerjaan yang melibatkan klien external dan internal untuk menciptakan solusi unik yang sesuai dengan kebutuhan mereka, di dalam proses tersebut dapat mencakup pencetakan atau publikasi secara online. Orang yang bekerja di industri ini sering bekerja bersama klien secara intensif dengan klien mereka dan harus memiliki kecakapan komunikasi yang efektif sehingga dapat mencapai tujuan klien dengan sukses. Mereka membutuhkan keterampilan interaktif, riset, desain, dan penguasaan teknis yang kuat. 

. Untuk mencapai ini, mereka perlu memahami target, pasar, tren, perbedaan budaya dan apa yang diinginkan oleh klien. Mereka harus dapat bekerja dalam tim formal atau informal, atau secara mandiri. Setelah menyelesaikan tahap riset dan perencanaan, proyek dapat diinterpretasikan dalam bentuk desain dengan menggunakan perangkat lunak khusus sesuai yang digunakan oleh industri. Desain harus diatur dengan spesifikasi teknis yang benar. Sangat penting untuk praktisi memahami semua tahapan prosedur dalam proses desain, termasuk memahami kendala yang dapat muncul dalam proses yang dilakukan. Keterampilan ini juga dibutuhkan dalam proses perancangan ulang desain atau memperbaharui desain yang sudah ada.

Ada berbagai peluang kerja dalam industri ini, seperti menjadi pekerja lepas, pemilik biro desain, atau dipekerjakan oleh perusahaan periklanan, pemasaran, desain atau percetakan. Mereka juga dapat dipekerjakan dengan divisi desain di sebuah perusahaan atau sebagai desainer internal perusahaan yang bekerja secara mandiri. Selain itu praktisi dalam bidang keterampilan ini memiliki peran yang luas atau mengkhususkan diri sebagai desainer grafis, seniman grafis, operator percetakan, tipografer, penata letak, perancang huruf, spesialis manipulasi foto, illustrator, art director, manajer produksi, spesialis perancang merek atau kemasan.

Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology)