Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis (IT Software Solution for Business)

Tentang Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis (IT Software Solution for Business)

Pekembangan pesat pada era globalisasi saat ini sebagian besar dipengaruhi oleh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini mendorong pakar IT semakin dibutuhkan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam menyediakan solusi perangkat lunak untuk bisnis.


Pengembangan solusi perangkat lunak untuk meningkatkan produktivitas bisnis akan melibatkan banyak keterampilan dan disiplin ilmu yang berbeda. Kunci untuk pengembangan ini adalah kesadaran akan sifat industri yang berubah dengan cepat dan kemampuan untuk mengikuti laju perubahan yang cepat.

IT software solution profesional selalu bekerja sama dengan klien untuk memodifikasi sistem yang ada atau membuat sistem baru. Mereka dapat memodifikasi perangkat lunak dan mengintegrasikannya ke dalam sistem yang ada. Mereka sering bekerja sebagai bagian dari tim profesional perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk spesifikasi kebutuhan, analisis dan desain sistem, konstruksi, pengujian, pelatihan, dan implementasi, serta pemeliharaan sistem perangkat lunak bisnis.

Tugas yang dilakukan oleh para profesional solusi perangkat lunak IT tidak terbatas pada hal-hal berikut :

  • Meninjau sistem yang berjalan saat ini dan menyajikan ide untuk peningkatan proses, termasuk analisis manfaat biaya
  • Analisis dan menentukan kebutuhan pengguna.
  • Membuat spesifikasi rinci untuk sistem baru atau untuk modifikasi sistem yang ada
  • Mengembangkan sistem perangkat lunak dan uji solusi perangkat lunak secara menyeluruh
  • Mengintegrasikan beberapa sistem dan perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan industri
  • Mempersiapkan materi pelatihan pengguna, melatih pengguna, dan menyajikan solusi perangkat lunak kepada pengguna
  • Melakukan instalasi, menerapkan, dan maintenance sistem perangkat lunak
  • IT Software solutions profesional dapat digunakan pada perusahaan besar, menengah, dan kecil sebagai insinyur perangkat lunak; di perusahaan konsultan sebagai konsultan, dan di perusahaan perangkat lunak sebagai kontraktor.
  • Mereka dapat menjalankan berbagai peran termasuk dalam peran pengembangan untuk menyesuaikan solusi perangkat lunak, peran pendukung untuk mengoperasikan sistem, peran analis bisnis untuk memberikan solusi untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi operasional rutin dan kegiatan bisnis, serta peran pelatihan untuk melatih pengguna dalam menggunakan perangkat lunak aplikasi.

Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis (IT Software Solution for Business)