WorldSkills Asia (WSA)

Indonesia merupakan bagian dari negara Anggota Worldskills Asia sejak 2018. Pada kompetisi WSA yang pertama delegasi Indonesia meraih juara umum dengan sukses memborong 6 medali emas dan 3 medali perak. Enam siswa yang berhasil mendapatkan medali emas, yakni Luki Centuri (bidang lomba Web Design); Firli Rizki (bidang lomba Electrical Installation); Rizki Muhammad (bidang lomba IT Network System Administration); Hengky Sanjaya (bidang lomba IT Software Solution for Business); Isnaeni Wulandari (bidang lomba Fashion Technology), dan; A.Nur Fatkhul Cholbi (bidang lomba Refrigeration and Air Conditioning). Sedangkan medali perak diraih oleh Salyan Alqosomi (bidang lomba Welding); Mustaqim (bidang lomba Automobile Technology), dan; M. Khairul Abdulloh (bidang lomba Electronics).

Asia adalah organisasi nirlaba internasional dari Negara Anggota Asia yang diselenggarakan untuk mempromosikan keterampilan teknis dan pendidikan kejuruan yang berkualitas. Organisasi ini meningkatkan kesadaran akan pentingnya keunggulan profesional serta pendidikan dan pelatihan kejuruan berkualitas tinggi di tingkat Asia. Bertujuan untuk menjadikan dunia lebih baik dengan kekuatan keunggulan profesional dan menunjukkan nilai keterampilan melalui pengakuan profesional yang terampil, dengan demikian menunjukkan pentingnya keterampilan berkualitas dalam mencapai kemajuan pribadi yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang dipercepat dan berkelanjutan serta stabilitas masyarakat. dan negara.

Misi WorldSkills Asia adalah untuk menyatukan semua negara Asia untuk mempromosikan perdamaian, persatuan, persahabatan dan persaudaraan juga untuk menghasilkan kekuatan dan kelemahan satu sama lain dan saling mendukung menuju inovasi dan pembangunan. Sebagai gerakan internasional, WorldSkills Asia akan menyediakan platform bagi para pendidik Asia, pembuat kebijakan, mitra industri dan organisasi lain untuk berkumpul dan bertukar wawasan, pemikiran dan ide tentang tren dan penemuan baru, meningkatkan standar pelatihan dan pendidikan teknis dan kejuruan, dan kemungkinan kolaborasi dengan berbagai institusi dan organisasi untuk meningkatkan dan membangun kegiatan mandiri.

Berfokus pada empat pilar utama program yang ditetapkan: Mempromosikan Keterampilan, Pendidikan dan Pelatihan, Kerjasama Internasional dan Kompetisi Keterampilan, WorldSkills Asia diharapkan menjadi Pusat Asia untuk keunggulan dan pengembangan keterampilan yang diarahkan untuk membuat dunia yang lebih baik melalui kekuatan keterampilan. Tujuan Yayasan WorldSkills Asia adalah untuk menyelenggarakan berbagai proyek dan inisiatif pendidikan yang akan menunjukkan kapasitas untuk inovasi dan pengembangan kawasan Asia. Kami memperkuat kolaborasi dengan para mitra untuk memanfaatkan dan membangun kegiatan mandiri yang selaras dan diadopsi dengan Visi 2025 WSI.

WSA terhubung dengan WorldSkills untuk mengidentifikasi tujuan strategis luas yang diuraikan untuk WorldSkills dan pekerjaannya dalam Rencana Strategis untuk 2025 ini, khususnya untuk: menyediakan platform unik bagi pembuat kebijakan Asia, pendidik, mitra industri dan organisasi lain untuk berkumpul dan bertukar pikiran dan gagasan tentang inovasi, pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan serta kemungkinan kemitraan. Meningkatkan ambisi dan peluang di TVET di Asia untuk kaum muda bertalenta, pengusaha, dan masyarakat. Meningkatkan kualitas penyediaan TVET di Asia melalui koneksi yang lebih kuat ke pasar tenaga kerja, pemberi kerja, dan ekonomi. Membantu membangun kapabilitas organisasi Keterampilan Asia dan daya saing global Anggota melalui keterampilan.

Nilai-Nilai WorldSkills Asia meyakini bahwa menetapkan nilai-nilai inti adalah langkah pertama untuk memastikan pergerakan organisasi yang lancar dan berkualitas. Nilai-nilai inti ini akan menjadi dasar organisasi saat kami melakukan perjalanan ke bisnis intinya dalam menyelenggarakan kompetisi, mempromosikan keunggulan melalui pendidikan dan pelatihan berkualitas tinggi, meningkatkan keterampilan dan tingkat kompetensi untuk semua anggota, serta mendorong kerja sama dan keterlibatan internasional di seluruh negara Asia. . WorldSkills Asia dan Negara Anggotanya berbagi seperangkat nilai inti dan landasan etika yang sama yang membentuk dan mendukung semua landasan mereka: Transparansi, Kejujuran, Integritas, Keanekaragaman, Inovasi, Dinamisme, Visi Keunggulan Memberdayakan pikiran muda untuk memimpin dan mengubah dunia menuju masa depan yang lebih baik melalui kekuatan keterampilan. Misi Bekerja keras untuk meningkatkan pengakuan orang-orang dengan bakat dan kemampuan hebat secara global dalam mencapai kesuksesan pribadi, pertumbuhan ekonomi dan kemajuan profesional.